strategi menjual pemasaran produk, Itulah tema yang akan kita bahas kali ini .Menjual adalah inti dari bisnis menjual produk adalah tulang punggung bisnis. Tetapi, menjual produk ternyata tak sesederhana yang kita pikirkan. menjual pemasaran produk lebih menyerupai seni daripada sains. Karena yang kita hadapi adalah orang, bukan benda mati. Orang-orang itu (calon konsumen kita) adalah benda hidup yang memiliki perasaan, emosi, dan empati. Business is not about money, its about peopoe.
Elizabeth Brinton adalah seorang pramuka berusia 13 tahun. Prestasinya mengagumkan karena dalam usia itu ia berhasil menjual produk 11.200 kotak biskuit. Ketika ditanya resep jitu keberhasilannya, ia menjawab lugu, setiap kali menjual produk pandanglah mata calon pembeli anda, dan buatlah mereka menjadi iba dan merasa bersalah bila tidak membeli propemasaran produkduk yang anda tawarkan.
Salah satu kesalahan dalam menjual memasarkan produk adalah bercerita tentang proses pembuatan produk. Seorang salesman akan berkata, produk ini dibuat dengan tangan (hand made), dengan ketelitian luar biasa, dan menghabiskan 100 jam kerja untuk satu unit produknya. Kemudian calon pembeli bertanya, Lantas, apa gunanya barang ini buat saya?
Dan si salesman bingung menjawabnya.
Leo Burnet, tokoh periklanan, menandaskan bahwa kita jangan menceritakan bagaimana hebatnya produk itu dibuat. Katanya, ceritakan saja bagaimana hebatnya produk itu bila saya gunakan.
Banyak eksekutif yang menganggap rendah pekerjaan menjual. Padahal, itulah inti dari bisnis. Kevin Plank, Chairman dan CEO Under Armour menceritakan kisah uniknya.
Biasanya, saya selalu membawa dua kartu nama. Pada kartu nama yang pertama tertera KEVIN PLANK, PRESIDENT, Saya memberikan kartu yang ini ke vendor dan orang-orang pabrik agar mereka tahu pada siapa harus datang jika mereka membutuhkan bayaran. Pada kartu yang lainnya hanya tertera SALES MANAGER ketika sedang melakukan penjualan, pelanggan ingin berpikir bahwa ada sumber daya yang lebih besar di belakang saya, baru mereka mau berinvestasi. Anda tidak berbohong, tetapi memberi kesan bahwa ada tim yang besar di belakang anda. Penjualan pertama saya adalah kepada Georgia Tech.
Untuk mempercayakan bocah umur 23 tahun duduk di sana dan berjualan, mereka membutuhkan kepercayaan kepada perusahaan yang lebih besar.
Eksekutif terbaik mengerjakan penjualannya sendiri simaklah pengalaman Bob Parsons, CEO dan pendiri Go Daddy.com, saya memulai usaha dengan mendirikan Parsons Technology. Saya menciptakan finance software yang bernama Money. Counts dan memasarkannya dengan harga S99. Awalnya saya memiliki tabungan $15.000 dan ludes semua. Tahun kedua, saya turunkan harganya menjadi $49 dan tidak laku lagi. Tahun ketiga, saya membuat iklan yang berbunyi Money Count but only costs $21 iklan itu berhasil pada akhirnya saya bisa mendulang US$ 64 juta saat menjual Parsons Technology.
Apa rahasianya? Mark Cuban menjawab, ini bukan perkara berapa banyak uang yang anda miliki. Saya memulai usaha saya dengan modal lima ribu dolar dan berhasil mengumpulkan 56 juta lalu, memulai lagi dengan modal $ 10.000 dan berhasil menadpatkan $ 5,7 juta Bill Gates, Michael Dell dan lain-lain membangun kerajaannya dengan modal keringat. Buatlah usaha anda berhasil dengan satu-satunya cara kerja keras!
Di balik angka-angka spektakuler multi jutaan dollar, ada sebuah proses dan kerja keras.
Anda tidak perlu harus berhasil pada kali pertama (Barbara Sher)
Barangkali argumentasi kita mampu menyakinkan seseorang, namun untuk sampai bisa membujuknya, kita harus menggunakan argumentasi orang itu sendiri (Joseph Joubert)
Apakah waktu berangkat ke kantor di hari Senin, Anda mengendarai mobil dengan kecepatan yang sama saat pulang dari kantor di hari Jum’at inilah tes terbaik untuk mengetahui antusiasme Anda (Steve Kissel, Humor by the Dozen)
Lupakan kata-kata semacam hard sell dan soft sell. Itu hanya akan membingungkan anda. Yang penting, pastikan iklan anda mengatakan sesuatu yang berareti, sesuatu yang akan memberikan informasi dan melayani pelanggan, jangan lupa, katakan itu seolah-olah belum ada yang mengatakannya dengan cara demikian (William Bernbach)
Setiap kali menjual produk , pandanglah mata calon pembeli Anda, dan buatlah mereka menjadi iba dan merasa bersalah bila tidak membeli produk yang anda tawarkan (Elizabeth Brinton, Illustrations Unlimited)
Tempat terbaik untuk membeli kayu adalah di tempat kayu itu sudah dipotong-potong dan dirangkai menjadi furniture yang siap dipakai (Dave Bary, Readers Digest)
Jangan ceritakan bagaimana hebatnya produk itu dibuat. Ceritakan saja bagaimana hebatnya produk itu bila saya gunakan (Leo Burnett, Tokoh Periklanan)
Interaksi dengan pembeli rasanya seperti hubungan seks (Andy Schmisso, Founder and President, Inko’s White Iced)
Mulai hari ini dan seterusnya, saya berjanji bahwa dalam jarak tiga meter, saya akan tersenyum, menatap wajah pelanggan dan memberikan salam pada mereka (Janji pelantikan karyawan Wal-Mart)
Sebuah iklan yang hebat akan membuat produk yang jelek jatuh lebih cepat. Ia akan membuat lebih banyak orang tahu akan keburukan produk tersebut (William Bernbach)
Ketika sedang melakukan penjualan, pelanggan ingin berpikir bahwa ada submer daya yang lebih besar di belakang saya, baru mereka mau berinvestasi, anda tidak berbohong, tetapi memberikan kesan bahwa ada tim yang besar di belakang anda (Kevin Plank, Chairman, President, CEO, Under Armour)
Konsumen yang paling tidak puas adalah sumber berharga untuk belajar (Bill Gates)
Ciptakan produk sebaik mungkin dengan harga serendah mungkin dan bayarlah gaji karyawan setinggi mungkin (Henry Ford)
Kesan pertama benar-benar tidak ada artinya jika yang anda miliki memang benar-benar barang bagus (Andy Schamisso, Founder and President, Inko’s White Iced)
Ide kreatif tidak bisa dipaksa. Mencari ide kreatif sama seperti menangkap kupu- kupu dengan bunga, bukan dengan jaring. Bila anda senantiasa membuka pemikiran terhadap ide-ide baru, niscaya suatu ketika kupu-kupu itu akan hinggap di jari Anda.
(chuck Jones, Pencipta Karakter-karakter Kartun)
Saat almarhum, Momofuku Ando meninggal dunia dia mewariskan penemuan terbesar abad ini, yaitu Mie Ramen. Menurut The New York Times, selain Ramen, Momofuku juga meninggalkan moto hidup yang hebat. Ajari orang memancing, maka dia bisa hidup mandiri untuk selamanya. Tapi bila Anda memberikan orang sebungkus ramen, anda tidak perlu mengajari orang itu apa-apa, katanya (The New York Times)
Aku seperti menu eksklusif. Anda bisa melihat, tapi tak mampu membelinya (Anna Kournikova)
Yang aku butuhkan aku membuat komedi hanya taman, polisi dan gadis cantik (Charlie Chaplin)
Jika produk pemasaran Anda benar-benar bagus, dia bisa menjual dengan sendirinya, meskipun seberapa baik ataupun buruk penampilan anda. Percayalah pada produk ataupun ide anda, setelah itu dia akan mengurus dirinya sendiri (Andy Shamisso, Founder and President, Inko’s White Iced)
Buatlah usaha anda berhasil dengan satu-satunya cara kerja keras! (Mark Cuban, Owner Dallas Maverick)
Saya bersedia kalah 99 dari 100 kali asalkan imbalan kemenangannya lebih besar daripada biaya kekalahan yang 99 kali.
(Robert T. Kiyosaki)
Selama pelanggan masih hidup, kita selalu punya peluang untuk menjual (Stanley Marcus, Pakar Bisnis Eceran, Presiden Neiman-Marcus)
pemasaran produk, cara menjual produk, pemasaran produk, menjual produk, strategi menjual, produk, cara memasarkan produk, cara menjual produk